Membuat Koin Micin (Token) Mata Uang Kripto Sendiri (Episode 2 dan 3)
pada: 24 Februari 2024


header-blog

#2 Mencari Ropsten Faucet


Setiap transaksi yang memerlukan proses pencatatan pada blockchain akan dikenakan biaya (fee), untuk itu, wallet Anda harus mempunyai saldo yang cukup untuk menutupi biaya tersebut. Wallet baru tentu saja tidak akan mempunyai saldo sama sekali. Episode ini akan menerangkan bagaimana mendapatkan saldo koin ETH (Ethereum) secara gratis. Ya gratis, tetapi koin ini hanya berlaku di jaringan test, tidak dapat digunakan di jaringan utama (live/main), karena beda server.

Untuk mencari koin gratis ini cukup mudah, cukup buka browser Anda kemudian googling kata kunci "ropsten faucet". Namun sebelum itu, salin lebih dulu alamat wallet di MetaMask Anda.

Klik pada nama akun untuk menyalin alamat wallet pada clipboard.

Googling "ropsten faucet" kemudian buka satu per satu situs yang ditampilkan pada hasil pencarian.

Anda tinggal mengikuti instruksi yang ditentukan oleh pemilik situs, kemudian tunggu beberapa saat. Dan…

Selamat, Anda sudah punya saldo pada wallet Anda.

Bingung? Tonton videonya di sini: https://www.youtube.com/watch?v=sl3Q4eGbFJw

*****

#3 Menyiapkan Kode Sumber


ATM (Amati Tiru Modifikasi) metode popular ini sangat cocok digunakan pada proses pengembangan (development) "Koin Micin". Dengan menjamurnya "Koin Micin" di pasaran, memudahkan pengembang untuk memilih kode sumber yang akan digunakan, alih-alih menulis kode dari awal. Tentunya disesuaikan dengan tokenomik proyek yang sedang dibangun.

Bagaimana caranya menyiapkan kode sumber? Anda boleh menuju situs-situs yang menyediakan daftar proyek "Koin Micin", misalnya https://coinsniper.net.

Klik pada salah satu baris proyek untuk melihat detil proyek.

Klik pada Visit Website untuk mengunjungi situs pengembang (developer).

Sila pelajari proyek "Koin Micin" tersebut, seperti pasokan, alokasi dan distribusi token, termasuk besaran biaya (fee) yang dikenakan, imbalan (reward), dan sebagainya. Setelah dirasa sesuai, cari tahu alamat kontrak cerdas (smart contract) token tersebut di jaringan, kemudian lihat kode sumbernya di blockhain explorer tempat token tersebut di-deploy.

Dalam memilih proyek yang akan ditiru kode sumbernya, sebaiknya perhatikan tips berikut ini:

-   Token sudah terdaftar di situs listing kripto seperti https://coinmarketcap.com atau https://www.coingecko.com.

-   Kode sumber sudah melalui audit pihak ketiga seperti Certix, Quantstamp, Fairyproof, dan sebagainya.

-   Token sudah diperdagangkan di exchange baik DEX maupun CEX, lebih bagus kalua sudah keduanya dengan market yang baik.

Sebagai contoh saya akan meniru proyek dari Litle Baby Doge (dengan ini saya menyatakan tidak berafiliasi dengan proyek ini). Token ini dibangun di jaringan Binance Smart Chain (BSC), maka kita bisa lihat kode sumbernya di https://bscscan.com.

Tutorial video: https://www.youtube.com/watch?v=SIiOtrgxJ20


Komentar