Membuat Koin Micin (Token) Mata Uang Kripto Sendiri (Episode 6)
pada: 26 Februari 2024


header-blog

#6 Penyesuaian dan Publikasi Token ke Jaringan


Kita lanjutkan pengembangan, sekarang kita sesuaikan kode sumber sesuai dengan spesifikasi tokenomik proyek kita.

Kita mulai dengan mengubah nama kontrak, dari sebelumnya LitleBabyDoge menjadi KoinMicin (sesuaikan dengan nama proyek yang Anda buat.

Selanjutnya ubah instrument-instrumen lain seperti nama token, simbol, decimal, pasokan (supply) nilai pajak, alamat wallet tim, dan sebagainya.

Saya melakukan perubahan pada variabel-variabel: _name, symbol, marketingAddress, dan charityAddress.

Baik, kita cukupkan perubahan itu saja dulu, selanjutnya kita masuk ke proses kompilasi. Klik tab Solidity Compiler (tombol ke tiga dari atas pada bilah alat panel sisi kiri) untuk masuk ke jendela Solidity Compiler.

Ubah dropdown COMPILER, usahakan pilih versi compiler terbaru, dan jangan lupa sesuaikan pengaturan compiler ini dengan kode sumber pada baris pragma solidity {versi}.

Ubah EVM VERSION ke london dan centang opsi Enable optimation, terakhir klik tombol Compile nama_berkas untuk memulai proses kompilasi.

Jika tidak ditemukan error pada kode sumber maka tombol tab akan dibubuhi centang hijau. Selanjutnya kita masuk ke proses berikutnya yaitu penyebaran (deployment). Proses deployment adalah proses merekam kode sumber di jaringan blockchain sehingga smart contract (token) yang Anda kembangkan siap digunakan.

Klik tab Deploy & Run Transactions, kemudian lakukan pengaturan-pengaturan berikut ini.

Ubah Environment ke Injected Web3.

Maka pada kolom Account akan tampil alamat wallet Anda di MetaMask.

Ubah kolom Contract ke berkas kode sumber.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa nama contract yang tampil pada kolom Contract, jangan sampai salah memilih nama contract. Terakhir klik tombol Deploy untuk memulai proses deployment.

Jika Anda mendapatkan dialog seperti ilustrasi di atas, batalkan proses deployment karena dipastikan akan mengalami kegagalan proses jika dilanjutkan. Pesan ini menandakan masih ada kesalahan pada kode sumber.

Lho kesalahan (error) apa? Padahal sudah berhasil pada saat proses kompilasi.

Ini contoh kegagalan yang terjadi jika proses dipaksa untuk dilanjutkan. Mari periksa kembali kode sumber Anda.

Kesalahan terjadi pada nilai variabel _uniswapV2Router. Dari mana saya tahu? Ingat, kita menyalin kode sumber dari jaringan live, sementara kita melakukan pengembangan pada jaringan test. Alamat wallet _uniswapV2Router yang tertera pada kode sumber adalah alamat pada jaringan live. Maka ubah alamat _uniswapV2Router menjadi alamat pada jaringan test.

Lakukan proses kompilasi kode sumber kembali, kemudian ulangi lagi proses deployment.

Jika sudah tidak ditemukan lagi masalah, maka browser akan mengontak wallet MetaMask untuk konfirmasi penggunaan sejumlah biaya untuk proses deployment. Klik tombol Confirm untuk mengonfirmasi persetujuan proses. Catat besaran biaya yang dibutuhkan ya! :D

Setelah proses deployment selesai, akan tampil pop-up di kanan bawah browser Anda. Klik pop-up tersebut untuk melihat rangkuman transaksi pada blockchain explorer.

Klik pada nama token untuk melihat token baru Anda.

Klik pada alamat token baru Anda dan Anda akan melihat informasi token baru Anda.

Selesai. Langkah selanjutnya adalah proses verifikasi kode sumber smart contract (token) Anda.

Tutorial video: https://www.youtube.com/watch?v=Ye4lP3ELpPw

Komentar