Peralatan KalenderIndonesia.Com
pada: 18 Februari 2024


header-blog

KalenderIndonesia.Com berusaha memberikan fitur-fitur atau peralatan yang berguna bagi pengunjung. Fitur-fitur atau peralatan tersebut kami rangkum pada menu Peralatan.

Saat ini kami sudah mempunyai 3 (tiga) alat yang dapat Anda gunakan, di antaranya: Menghitung HPA (Hari Peringatan Arwah), Primbon Tanggal Kelahiran, dan Penyingkat Tautan (Shortener Link).

Menghitung HPA (Hari Peringatan Arwah)

Hari Peringatan Arwah adalah budaya Jawa untuk selamatan untuk orang yang sudah meninggal, yang biasanya disebut dengan tahlilan, yang dilaksanakan pada malam hari. Alat menghitung HPA ini digunakan untuk menampilkan daftar tanggal kapan saja peringatan tahlilan akan dilaksanakan. Terdapat 8 (delapan) tingkatan hari peringatan arwah, yaitu: Geblag, Nelung Dina, Mitung Dina, Matangpulu Dina, Nyatus Dina, Mendhak Pisan, Mendhak Pindho, Nyewu Dina. Geblag adalah peringatan pada malam setelah sesorang meninggal dunia. Nelung Dina adalah malam ke 3 (tiga) setelah tanggal kematian. Mitung Dina adalah malam ke 7 (tujuh) setelah tanggal kematian. Matangpulu Dina adalah malam ke 40 (empat puluh) setelah tanggal kematian. Nyatus Dina adalah malam ke 100 (seratus) setelah tanggal kematian. Mendhak Pisan adalah satu tahun pertama kalender Jawa setelah tanggal kematian. Mendhak Pindho adalah dua tahun kalender Jawa setelah tanggal kematian. Dan Nyewu Dina adalah malam ke 1000 (seribu) setelah tanggal kematian.

Primbon Tanggal Kelahiran

Adalah alat untuk meramal sesorang berdasarkan tanggal kelahiran menurut adat Jawa. Ramalan yang tersedia berdasarkan hari dan pasaran lahir, nama elemen berdasarkan hari lahir, serta pranoto mongso (penanggalan musim dalam adat Jawa).


Penyingkat Tautan (Shortener Link)

Adalah alat untuk mengubah tautan (link) yang panjang menjadi lebih pendek dengan memanfaatkan domain atau situs lain, yang nantinya ketika tautan (yang lebih singkat tersebut) diakses, maka pengunjung akan dialihkan ke tautan awal.

KalenderIndonesia.Com menggunakan domain https://tuju.in untuk keperluan ini.

Itu saja perlatan yang tersedia saat ini. Kami masih sedang mengembangkan alat-alat lain. Jika ada saran alat yang perlu untuk kami kembangkan, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui halaman kontak.

Komentar