Aplikasi Kalender Indonesia Versi Simpel - KalenderIndonesia.Com

Bagikan:  

Anda Mungkin Tertarik


Oleh  :  Novian Agung
Pada  :   Maret  2019 15:30 | 30  جُمادى الثانية  1440 15:30 | 29  Jumadil Akir  1952 15:30 | 8k  Wesaka  1955 15:30 | 15  Katilu  1941 15:30
Kategori  :  Android
Kalender Indonesia

Harus kami akui bahwa Aplikasi Kalender Indonesia untuk Android terasa berat dan lambat saat digunakan. Itu karena terlalu banyak inisialisasi proses saat menggunakan fitur-fitur yang tersedia. Hal ini cukup membuat pengguna tidak nyaman saat menggunakan aplikasi tersebut, khususnya pengguna dengan perangkat berspesifikasi tertinggal. Namun, itulah risiko dari aplikasi dengan banyak sekali fitur di dalamnya.

Guna mengatasi isu tersebut, kami membuat aplikasi Kalender Indonesia Android baru yang lebih ringan, bukan hanya dari segi ukuran berkas yang hanya 2,4MB, tetapi juga dalam penggunaan. Ringannya aplikasi karena hanya mempunyai satu fitur, yaitu kalender saja. Walau demikian, keakuratan perhitungan pada aplikasi kalender ini tidak berbeda dengan aplikasi Kalender Indonesia sebelumnya. Sedikit perbedaan adalah kalender ini (saat ini) hanya tersedia tiga jenis kalender, yaitu: Masehi, Hijriyah, dan Jawa. Kami tidak menyertakan jenis kalender Sunda karena kami rasa kurang populer.

Berikut ini tampilan aplikasi Kalender Indonesia versi ringan.

Kalender Masehi
Kalender Masehi
Kalender Hijriyah
Kalender Hijriyah
Kalender Jawa
Kalender Jawa

Untuk mengubah tampilan jenis kalender, Anda hanya perlu mengetuk dropdown sebelah kiri pada bilah alat (toolbar), kemudian ketuk jenis kalender yang diinginkan: Masehi, Hijriyah, atau Jawa. Di sebelah kanan dropdown jenis kalender terdapat dropdown tahun untuk memilih tahun kalender yang diinginkan. Sama seperti pada aplikasi Kalender Indonesia versi sebelumnya, daftar tahun yang tersedia untuk tiap jenis kalender adalah sebagai berikut:

  1. Kalender Masehi, dari tahun 1904 sampai tahun 2100
  2. Kalender Hijriyah, dari tahun 1318 sampai tahun 1524
  3. Kalender Jawa, dari tahun 1830 sampai tahun 2036
Sementara untuk berpindah bulan, Anda bisa melakukannya dengan mengusap layar ke arah kiri untuk menampilkan bulan selanjutnya, atau mengusap layar ke arah kanan untuk menampilkan bulan sebelumnya. Anda juga dapat menuju ke bulan tertentu dengan cepat, dengan cara mengetuk tombol menu pada sisi kanan bilah, kemudian ketuk menu Lihat Bulan..., lanjutkan dengan mengetuk nama bulan yang ingin dituju.
Memilih Bulan

Berbeda dari aplikasi Kalender Indonesia sebelumnya, jika pada aplikasi Kalender Indonesia sebelumnya ketika Anda mengusap layar untuk berpindah ke bulan berikutnya, saat mencapai bulan ke-12 maka secara otomatis tahun kalender akan berubah ke tahun berikutnya serta bulan akan menuju ke bulan ke-1, maka pada aplikasi ini tidak akan terjadi perpindahan baik tahun maupun bulan. Begitupun ketika mengusap layar untuk berpindah ke bulan sebelumnya, pada aplikasi ini tidak akan terjadi perpindahan saat mencapai bulan ke-1.

Anda juga masih bisa melihat informasi harian dari suatu tanggal. Cukup mengetuk pada tanggal yang diinginkan, maka akan ditampilkan informasi harian dari tanggal tersebut yang meliputi: Info Libur, Info Masehi, Info Hijriyah, Info Jawa, serta Hari Peringatan Arwah.

Informasi Harian

Silakan unduh aplikasinya di Google PlayStore melalui tautan berikut ini: com.kalender.

Untuk versi simpel ini, tersedia juga aplikasi kalender untuk negara-negara lain, yaitu:

  1. Kalender Amerika (USA Calendar)
  2. Kalender Singapura (Singapore Calendar)
  3. Kalender Brunei (Brunei Calendar)
  4. Kalender Filipina (Philippines Calendar)

 Aplikasi Android

banner

 Iklan

 Stats