Aplikasi Kalender Indonesia untuk Android - KalenderIndonesia.Com

Bagikan:  

Anda Mungkin Tertarik


Oleh  :  Novian Agung
Pada  :   Januari  2019 20:55 | 29  رَبيع الثاني  1440 20:55 | 28  Bakda Mulud  1952 20:55 | 7k  Palguna  1955 20:55 | 16  Kasa  1941 20:55
Kategori  :  Android
Gambar 1

Merupakan aplikasi Kalender Indonesia berbasis Android dengan beragam fitur bermanfaat. Aplikasi ini dapat berjalan pada perangkat ponsel dengan sistem operasi Android mulai dari versi 4.0 Ice Cream Sandwich sampai yang terbaru (saat tulisan ini dimuat) versi 9.0 Pie. Fitur utama dari aplikasi Kalender Indonesia adalah menampilkan lima jenis kalender, yaitu:

  1. Kalender Masehi, dari tahun 1904 sampai tahun 2100
  2. Kalender Hijriyah, dari tahun 1318 sampai tahun 1524
  3. Kalender Jawa, dari tahun 1830 sampai tahun 2036
  4. Kalender Sunda Candra, dari tahun 1833 sampai tahun 2039
  5. Kalender Sunda Surya, dari tahun 1822 sampai tahun 2029
Setiap jenis kalender sudah disertai dengan daftar hari libur dan cuti bersama. Berikut ini fitur lengkap yang disediakan oleh aplikasi Kalender Indonesia.

Kalender

Gambar 2

Menampilkan kalender bulanan disertai daftar hari libur serta cuti bersama dari bulan dipilih. Anda dapat berpindah bulan kalender dengan menggeser/mengusap layar ke arah kiri (untuk menuju bulan berikutnya) atau ke arah kanan (untuk menuju bulan sebelumnya), atau dengan mengetuk tombol bulan pada bagian atas tampilan kemudian memilih nama bulan dari daftar yang ditampilkan. Untuk berpindah tahun kalender dapat dilakukan dengan mengetuk tombol tahun pada bagian atas tampilan kemudian memilih angka tahun dari daftar yang ditampilkan.

Ketuk pada sebuah tanggal untuk menampilkan informasi lengkap dari tanggal dipilih. Informasi yang ditampilkan yaitu: Libur (jika ada), Kalender Masehi (meliputi: Minggu ke, Zodiak, Shio), Kalender Hijriyah (meliputi: Tanggal, Hari Penting (jika ada)), Kalender Jawa (meliputi: Tanggal, Pasaran, Wuku, Mangsa, Tahun, Windu, Lambang, Neptu), Kalender Sunda (meliputi: Tanggal Candra, Tanggal Surya,Pasaran, Wuku, Tahun, Windu), Jadwal Salat (meliputi: Lokasi, Shubuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib, Isya), Hari Peringatan Arwah (meliputi: Geblag, Nelung Dina, Mitung Dina, Matangpulu Dina, Nyatus Dina, Mendak Sepisan, Mendak Pindho, Nyewu Dina).

Untuk mengubah tampilan ke jenis kalender lainnya, klik tombol menu di bagian kanan atas, kemudian klik menu Jenis Kalender, pilih jenis kalender yang ingin ditampilkan. Aplikasi juga menyediakan perubahan pola kalender yang ditampilkan, yaitu: Kalender Simpel untuk pola kalender umum (hanya terdapat tanggal hari ini), Kalender Lanjutan untuk pola kalender dengan tambahan tanggal Jawa, tanggal Hijriyah, serta hari Pasaran Jawa pada tiap sel tanggal.

Hari Penting

Gambar 3

Menampilkan hari penting bulanan. Hari penting yang dimaksud yaitu: hari libur, hari Islami, serta hari peringatan nasional atau dunia. Anda dapat berpindah bulan dengan menggeser/mengusap layar ke arah kiri (untuk menuju bulan berikutnya) atau ke arah kanan (untuk menuju bulan sebelumnya), atau dengan mengetuk tombol bulan pada bagian atas tampilan kemudian memilih nama bulan dari daftar yang ditampilkan. Untuk berpindah tahun dapat dilakukan dengan mengetuk tombol tahun pada bagian atas tampilan kemudian memilih angka tahun dari daftar yang ditampilkan.

Agenda

Gambar 4

Mencatat dan menampilkan agenda atau jadwal atau acara Anda. Untuk mencatat dan/atau melihat daftar agenda suatu hari, ketuk pada baris tanggal dan hari yang ditampilkan. Untuk membuat agenda baru, ketuk pada baris Agenda Baru, kemudian lengkapi informasi yang diminta yang akan ditampilkan kemudian. Untuk mengubah sebuah agenda, setelah menampilkan agenda dengan mengetuk pada sebuah baris tanggal dan hari, ketuk pada baris agenda yang ingin diubah.

Jadwal Salat

Gambar 5

Menampilkan waktu salat hari ini serta jadwal waktu salat bulanan. Waktu salat hari ini ditampilkan pada bagian atas dengan penunjuk waktu berupa jam analog serta digital. Aplikasi menyediakan pengaturan agar menampilkan notifikasi sebelum - saat - setelah waktu salat. Untuk mengaktifkan notifikasi sebelum masuk waktu salat, klik tombol bergambar alarm paling atas di sisi kiri sebuah waktu salat, kemudian klik menu Aktif pada menu pop-up yang ditampilkan, pilih interval waktu (menit) sebelum waktu salat. Untuk mengaktifkan notifikasi saat masuk waktu salat klik tombol bergambar alarm ke dua (tengah) di sisi kiri sebuah waktu salat, kemudian klik menu Aktif pada menu pop-up yang ditampilkan. Sedangkan untuk mengaktifkan notifikasi setelah waktu salat, klik tombol bergambar alarm ke tiga (bawah) di sisi kiri sebuah waktu salat, kemudian klik menu Aktif pada menu pop-up yang ditampilkan, pilih interval waktu (menit) setelah waktu salat. Untuk menonaktifkan notifikasi, lakukan hal yang sama. Geser/usap layar ke kiri atau ke kanan pada bidang waktu salat harian untuk melihat waktu salat lainnya.

Anda dapat berpindah bulan dengan menggeser/mengusap layar ke arah kiri (untuk menuju bulan berikutnya) atau ke arah kanan (untuk menuju bulan sebelumnya), atau dengan mengetuk tombol bulan pada bagian atas tampilan kemudian memilih nama bulan dari daftar yang ditampilkan. Untuk berpindah tahun dapat dilakukan dengan mengetuk tombol tahun pada bagian atas tampilan kemudian memilih angka tahun dari daftar yang ditampilkan.

Peralatan

Gambar 6

Merupakan fitur tambahan untuk membantu aktifitas keseharian Anda. Terdiri dari bermacam jenis perlatan yang bisa Anda manfaatkan, yang akan dijelaskan berikut ini.

    Qiblat

Gambar 7

Menentukan arah salat (qiblat) Anda. Sebelum menggunakan, pastikan perangkat Anda mempunyai kelengkapan fitur sensor magnetis (kompas) serta GPS, dan usahakan fitur GPS dalam kondisi aktif. Kalaupun tidak aktif, aplikasi akan meminta Anda untuk mengaktifkannya. Jika perangkat Anda menggunakan casing/cover, pastikan Anda melepasnya lebih dulu untuk akurasi sensor magnetis. Letakkan perangkat Anda pada bidang datar, kemudian gerakkan/putar perangkat Anda secara perlahan hingga informasi pada aplikasi menunjukkan kata "PAS".

    Catatan

Gambar 8

Menulis catatan yang disimpan pada media daring yang kami sediakan atau disimpan pada perangkat Anda. Pastikan koneksi internet Anda terhubung saat menggunakan Catatan jika ingin menyimpan secara daring. Catatan akan disimpan setelah terenkripsi, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kerahasian konten.

    Kamus

Gambar 9

Menampilkan Kamus Besar Bahasa Indonesia dari huruf A sampai Z. Anda juga dapat melakukan pencarian kata. Hasil pencarian akan menampilkan kata yang sesuai dengan kata yang dimasukkan, atau kata yang mengandung kata yang dimasukkan, atau kata yang memiliki kemiripan dengan kata yang dimasukkan.

    Kurs

Gambar 10

Menampilkan kurs mata uang internasional dari bank-bank terkemuka di Indonesia, di antaranya: Bank Indonesia, Bank Mandiri, serta Bank BCA

    Kalkulator Zakat

Gambar 11

Menghitung besaran zakat harta (tahunan) serta zakat profesi (bulanan).

    Prakiraan Cuaca

Gambar 12

Menampilkan prakiraan cuaca hari ini pada wilayah Anda. Pastikan GPS dan koneksi internet Anda sudah terhubung sebelum menjalankan alat ini.

    Peta

Gambar 13

Menampilkan peta lokasi Anda. Dapat digunakan untuk mencari lokasi sarana pra sarana terdekat dari lokasi Anda seperti: lokasi masjid, gerja, mall, bioskop, dan sebagainya.

Silakan unduh aplikasinya di Google PlayStore melalui tautan berikut ini: com.laregrage.kalender.indonesia.

 Aplikasi Android

banner

 Iklan

 Stats