Membuat Hosting di VPS - KalenderIndonesia.Com

Bagikan:  

Anda Mungkin Tertarik


Oleh  :  Novian Agung
Pada  :  14  Januari  2019 20:05 | 8  جُمادى الأولى  1440 20:05 | 7  Jumadil Awal  1952 20:05 | 15k  Palguna  1955 20:05 | 24  Kasa  1941 20:05
Kategori  :  Situs Web
Hosting

Tentang Hosting dan VPS

Hosting adalah penempatan berkas-berkas serta komponen-komponen yang dibutuhkan oleh sebuah situs web pada server agar dapat diakses secara daring (online) melalui teknologi internet. Saat ini banyak sekali terdapat layanan penyedia hosting. Umumnya penyedia hosting memberikan layanan kemudahan agar situs web dapat diakses dengan baik. Anda hanya tinggal mengunggah berkas-berkas kebutuhan situs web, dan situs web Anda sudah dapat diakses oleh khalayak umum. Lain halnya jika Anda tidak memanfaatkan layanan penyedia hosting, Anda harus membangun hosting dari nol. Mulai dari memasang dan menyiapkan perangkat lunak yang dibutuhkan, melakukan konfigurasi-konfigurasi yang cukup rumit, hingga hosting siap diunggahi berkas-berkas kebutuhan situs web, dan dapat diakses oleh umum.

Untuk membangun sebuah hosting sendiri, Anda membutuhkan sebuah komputer server yang dapat diakses oleh teknologi internet. Tentunya untuk menyiapkan sebuah komputer server memerlukan dana yang tidak sedikit. Oleh karenanya munculah layanan penyedia server, salah satunya adalah layanan Virtual Private Server (VPS). VPS sendiri merupakan sebuah komputer server yang membagi spesifikasi perangkat keras yang dimiliki komputer server menjadi beberapa bagian virtual. Intinya, VPS adalah sebuah komputer server yang dipakai bersama-sama (lebih dari satu orang).

Kenapa orang lebih memilih layanan VPS yang ribet, sementara ada layanan hosting? Karena umumnya spesifikasi teknis yang diberikan layanan hosting terbatas dan relatif kecil, misalnya ukuran ketersediaan kekosongan (space) hardisk sedikit. Meskipun ada yang memberi spesifikasi besar dan/atau tak terbatas, pastinya akan menerapkan harga sewa yang tinggi. Wajar, karena Anda harus membayar layanan kemudahan yang sudah disediakan. Dengan menyewa VPS Anda akan mendapat spesifikasi teknis yang lebih besar, namun pengelolaannya semua diserahkan kepada Anda sendiri.

Salah satu penyedia layanan VPS populer contohnya DigitalOcean, yang menyediakan VPS dengan harga mulai dari 5 sampai 640 Dolar Amerika per bulan. Saat menyewa sebuah VPS, Anda hanya akan mendapatkan sebuah komputer yang baru hanya terpasang sistem operasi. Umumnya sistem operasi yang digunakan adalah Linux, dengan distro yang dapat Anda pilih. Sedangkan jika Anda lebih tertarik menggunakan sistem operasi Windows, Anda harus menambah biaya sewa penggunaan sistem operasi Windows yang juga dibayar bulanan.

Menyewa Sebuah VPS

Berikut ini saya akan mencontohkan bagaimana cara menyewa dan membuat sebuah VPS pada DigitalOcean. Setelah Anda terdaftar dan mempunyai sebuah akun di DigitalOcean, Anda harus mendepositkan sejumlah uang, minimalnya adalah 5 Dolar Amerika. Anda dapat mendepositkan uang dengan menggunakan PayPal atau menggunakan kartu kredit. Peraturan terbaru pada DigitalOcean, setelah Anda mendepositkan dana, Anda perlu menunggu beberapa hari sementara pihak DigitalOcean mengulas (review) akun Anda sebelum akun Anda disetujui dan dapat menyewa sebuah VPS.

Setelah akun Anda disetujui, langkah awal membuat sebuah VPS di DigitalOcean adalah dengan mengklik tombol Create kemudian klik tombol Droplets - Create cloud servers. Sebuah VPS di DigitalOcean disebut dengan istilah droplet.

Membuat Droplet di DigitalOcean

Setelah itu pilih sistem operasi yang diinginkan atau yang Anda kuasai.

Memilih Sistem Operasi

Pilih spesifikasi ukuran droplet yang dibutuhkan. Saya memilih yang terkecil karena hanya untuk tujuan percobaan.

Memilih Spesifikasi Droplet

Pilih lokasi server. Sebisa mungkin pilih lokasi terdekat dari target audiens situs web Anda. Sebagai contoh, jika target audiens situs web Anda adalah Indonesia, pilih lokasi server di Singapura.

Memilih Lokasi Server

Beri nama server Anda. Sebagai saran, beri nama server Anda sesuai nama domain dari situs web Anda, misalnya KalenderIndonesia.Com.

Memberi Nama Server

Terakhir, klik tombol Create di bagian paling bawah halaman. Dan tunggulah beberapa saat selama proses penciptaan VPS Anda. Tidak lama kok, kurang dari satu menit.

Proses penciptaan VPS

Periksa kotak masuk dari alamat email yang Anda gunakan saat pendaftaran akun DigitalOcean. Anda akan mendapati sebuah email dari DigitalOcean berisi informasi mengenai droplet Anda serta akun untuk mengakses droplet Anda.

Informasi Droplet Melalui Email

Untuk mengakses VPS Anda, saya merekomendasikan untuk menggunakan perangkat lunak BitVise yang dapat Anda unduh di sini: https://www.bitvise.com/ssh-client-download. Pasang perangkat lunak BitVise, kemudian jalankan. Isikan informasi yang Anda dapatkan di email pada form utama aplikasi BitVise. Selanjutnya klik tombol Login

Tampilan Aplikasi BitVise

Akan ditampilkan dialog konfirmasi penyimpanan sesi. Klik tombol Accept and Save

Dialog Konfirmasi Penyimpanan Sesi

Selanjutnya akan ditampilkan jendela baru berupa jendela terminal (command prompt). Pertama kali mengakses VPS pada DigitalOcean, Anda akan diminta untuk mengubah kata sandi (password) dari akun root Anda. Untuk mengubah kata sandi, pertama masukkan kata sandi lama Anda yang bisa Anda temukan pada email dari DigitalOcean saat pembuatan VPS pembahasan di atas. Untuk mempercepat proses penginputan kata sandi, Anda cukup memblok teks kata sandi pada email, kemudian salin (copy) dengan mengklik kanan pili Copy. Setelah itu tempel (paste) pada terminal dengan mengklik kanan. Akhiri dengan menekan tombol Enter. Saat Anda menempel kata sandi pada terminal, maupun mengetik kata sandi secara manual, karakter-karakter kata sandi tidak akan ditampilkan pada terminal.

Akan ditampilkan dialog konfirmasi penyimpanan sesi. Klik tombol Accept and Save

Input Kata Sandi Lama

Lanjutkan dengan mengetikkan kata sandi baru. Lagi-lagi saat mengetikkan kata sandi, karakter-karakter kata sandi tidak akan ditampilkan pada terminal. Akhiri dengan menekan tombol Enter.

Input Kata Sandi Baru

Inputkan sekali lagi kata sandi baru dan akhiri dengan menekan tombol Enter.

Input Ulang Kata Sandi Baru

Jika proses pengubahan kata sandi dilakukan dengan benar, maka akan nampak seperti pada gambar di bawah ini. Namun jika salah, terminal akan tertutup dan BitVise akan keluar (logout) secara otomatis.

Proses Pengubahan Kata Sandi Berhasil

Setelah proses pengubahan kata sandi berhasil, sebaiknya Anda menutup jendela terminal, kemudian keluar (logout) melalui form utama BitVise. Ubah kolom Password pada form utama BitVise dengan kata sandi baru Anda, dan lakukan proses masuk (login) ulang.

Jendela Utama BitVise

Saat berhasil masuk, Anda akan mendapat jendela baru (selain jendela terminal) yaiut jendela BitVise SFTP.

Jendela BitVise SFTP

Melalui jendela inilah (BitVise SFTP) Anda akan mengunggah berkas-berkas situs web ke server Anda. Sekian dulu pembahasan kali ini. Kita akan lanjutkan pada artikel berikutnya, Membuat Hosting di VPS Bagian 2.

 Aplikasi Android

banner

 Iklan

 Stats