Sekilas Tentang KalenderIndonesia.Com

Bagikan:  
MP3 Music Download Player

Oleh  :  Novian Agung
Pada  :   Januari  2019 20:11 | 2  جُمادى الأولى  1440 20:11 | 1  Jumadil Awal  1952 20:11 | 9k  Palguna  1955 20:11 | 18  Kasa  1941 20:11
Kategori  :  Situs Web
Tampilan Generasi Pertama Kalender Indonesia

KalenderIndonesia.Com mulai dikembangkan sejak tahun 2012 dan sudah beberapa kali berganti nama domain. Dimulai dari menumpang situs gratis Kodingen.Com, disusul dengan domain mandiri Kalender-Indonesia.Com, kemudian berganti menjadi KalenderIndo.Com. Domain KalenderIndonesia.Com sendiri baru digunakan sejak akhir Desember 2018, walaupun sejak lama domain ini sangat kami idamkan, yang kamingnya domain ini sudah dimiliki oleh orang lain. Alhamdulillah, saat terakhir kami memeriksa kepemilikan domain ini, ternyata sang pemilik domain lama sudah tidak memperpanjang kembali kepemilikan domain ini. Tanpa menunggu lama, kami pun langsung membeli domain ini, sebelum dibeli oleh makelar domain berumur.

Tampilan Generasi Ke-Dua Kalender Indonesia

Ide awal pengembangan KalenderIndonesia.Com adalah terinspirasi dari aplikasi kalender bawaan yang dapat mudah ditemukan pada perangkat komputer atau telepon seluler, di mana seperti yang kita ketahui pada aplikasi bawaan tersebut tidak terdapat tanggal berwarna merah sebagai penunjuk hari libur. Dari situ akhirnya kami bereksplorasi untuk mencari cara agar dapat menghitung tentuan hari libur yang berlaku nasional.

Tampilan Generasi Ke-Tiga Kalender Indonesia

Setelah ekplorasi selama enam bulan, sekaligus implementasi pada bahasa pemrograman PHP (web base), kami dapat menerbitkan kalender Indonesia generasi pertama (lihat gambar 1). Saat itu sudah dapat menentukan hari libur nasional walaupun masih beberapa kali ditemukan hasil yang tidak akurat, dan hanya dapat menghitung untuk kalender Masehi, Hijriyah, dan Jawa.

Setelah berhasil membuat kalender Indonesia generasi pertama versi web, tahun 2013, kami mencoba mengembangkan untuk versi Android, dan itulah kala pertama kami mempelajari bahasa pemrograman Java untuk Android.

Tidak berbeda dengan versi web yang mengalami berberapa kali perpindahan domain, kalender Indonesia versi Android pun beberapa kali mengalami perubahan nama paket (package), mulai dari com.inochi.kalenesia, com.inochi.kalender.indonesia, com.largeid.calendar.indonesia, dan yang terbaru com.laregrage.kalender.indonesia.

Seiring berjalannya waktu, kami terus mengembangkan kalender Indonesia baik versi web maupun versi Android, sehingga akhirnya kami berhasil menemukan perumusan untuk perhitungan kalender Sunda Candra dan Sunda Surya. Saat ini kami sedang dalam proses mencari perumusan untuk kalender Bali.

Aplikasi kalender Indonesia versi Android mungkin satu-satunya aplikasi kalender Indonesia yang dapat menampilkan hari libur nasional mulai tahun 1904 sampai tahun 2100 secara akurat, dan dapat menampilkan lima jenis kalender: Masehi, Hijriyah, Jawa, Sunda Candra, dan Sunda Surya, bahkan dijadikan rujukan oleh situs web pemerintah Sekretariat Kabinet Republik Indonesia untuk penentuan hari libur nasional dan cuti bersama. Aplikasi kalender Indonesia versi Android juga pernah menjadi pemenang kontestasi Aplikasi Pemuda Pemudi yang diselenggarakan oleh 9APPS.

Email Pengumuman Pemenang Konstestasi Aplikasi Pemuda Pemudi

Informasi mengenai aplikasi kalender Indonesia versi Android dapat Anda temukan pada artikel kami yang lain: Aplikasi Kalender Indonesia untuk Android.

Bila Anda penasaran, siapa di balik KalenderIndonesia.Com, Kalender Indonesia dibangun oleh 2 (dua) usaha rintisan dalam bidang perangkat lunak, yaitu INOCHI Software dan LareGrage Soft. Berikut ini daftar tim dari kedua usaha rintisan tersebut.

INOCHI Software   LareGrage Soft
Ide Agung Novian   Ide Agung Novian
Desain Agung Novian   Desain Agung Novian
Layout Agung Novian   Layout Agung Novian
Kode/Pemrogram Agung Novian   Kode/Pemrogram Agung Novian
Editor Novian Agung   Editor Novian Agung

Bila Anda tertarik untuk ikut mengembangkan KalenderIndonesia.Com, kami menerima sumbangsih suka rela Anda, silakan kontak kami melalui halaman Kontak.

MP3 Music Download Player

 Aplikasi Android

 Pasang Iklan

Iklan 125x125

 Pasang Iklan

Iklan 225x225

 Stats